Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktivitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi informasi (TI), masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.
Aktivitas kita, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, terutama menghasilkan sebuah kondisi baru berupa kebebasan (freedom) untuk memilih, terbentangnya kendali/kekuasaan (control/power), dan terjadinya penurunan biaya (decreased cost) yang tadinya sangat tidak mungkin menjadi mungkin, bagi setiap orang yang menggunakannya.
Beberapa tahun lalu, untuk mendapatkan layanan perbankan, misalnya, nasabah tidak ada pilihan selain harus mendatangi kantor pelayanan bank, dan pada hari dan jam pelayanan yang mereka sudah tentukan. Sekarang, nasabah bank memiliki kebebasan (freedom) untuk memilih kapan dan di mana dia mendapatkan layanan perbankan.
Terjadi transformasi yang tadinya pemberi jasa memegang kendali (control) berubah menjadi penerima jasa yang pegang kendali. Pada saat yang sama, transformasi ini juga berhasil menurunkan biaya (cost of doing business) bagi pemberi jasa mapupun penerima jasa.
Contoh lain adalah dalam industri fotografi. Beberapa tahun yang lalu, dalam industri fotografi, kita harus tergantung kepada beberapa pihak. Mulai dari merekam foto (film), mencuci cetak (jasa cuci cetak), menyimpan (album foto), dan mengirimkan (kantor pos) dengan biaya yang cukup mahal.
Hari ini dengan kemajuan teknologi kamera digital, printer berwarna, komputer dan internet, kita tidak perlu tergantung dengan pihak lain, dengan pilihan yang seluas-luasnya, dan kendali ditangan kita, sekaligus juga dengan biaya yang lebih murah.
Dari contoh di atas, kemajuan teknologi dapat memberikan kebebasan untuk memilih (waktu dan tempat), kemandiran (pegang kendali), dan penurunan biaya.

Ini adalah sebagian dari tulisan saya yang pernah di muat di Harian Kompas